Tim Penulis

Md Aminudin

Senior writer

Dunia sastra Indonesia tentu tak asing dengan nama Md. Aminudin. Sebelum terjun di penulisan biografi, ia telah menerbitkan sejumlah novel berlatar sejarah. MD. Aminudin mulai dikenal ketika menerbitkan novel dwilogi; Tembang Ilalang I & II, sebuah roman sejarah Indonesia. Pertama kali terbit, novel tersebut segera merebut hati pembacanya sekaligus para kritikus sastra. Sejumlah makalah, skripsi, tesis telah mengangkat novel ini sebagai bahan penelitian, mengingat novel tersebut ditulis dengan riset sejarah selama 3 tahun. 

Prekuel Memoirs of Stientje yang terbit pada 2012 juga memperoleh apresiasi luas dari pembaca. Novel-novelnya mendapat penghargaan di dunia sastra; Novel Terbaik JIBF 2008, Novel Dewasa Terbaik 2008, nominator Pena Award 2009, 2 kali masuk nominasi Fiksi Dewasa Terbaik JIBF Nasional. Novel petualangannya tentang sejarah Indian Muslim Amerika, Jejak Halefa, yang menampilkan sosok remaja sebagai tokoh utamanya sangat digemari para remaja SMP dan SMA.

Md Aminudin mulai melebarkan sayap kepengarangannya saat dipercaya oleh Penerbit Jawa Post Grup untuk menulis novel biografi seorang penderita penyakit kronis autoimun yang berjudul Hidup Kedua.

Sejak saat itulah ia mulai banyak terlibat dalam penulisan buku biografi maupun buku populer para publik figur dari beragam profesi dan latar belakang; dokter, pengusaha, guru, dosen, ustadz, profesional, pejabat publik dan politisi. Selain itu, ia juga banyak terlibat sebagai editor tamu dan penulis artikel di berbagai majalah.

Oki Aryono

Senior writer

Awal karirnya dimulai pada 2003 sebagai reporter Majalah Al Falah, sebuah majalah internal yang diterbitkan lembaga amil zakat nasional (laznas) Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) yang berpusat di Surabaya.

Meski ‘hanya’ majalah internal, namun jumlah cetaknya pernah mencapai 102.000 eksemplar tiap bulannya. Suatu jumlah yang fantastis untuk media cetak untuk kalangan internal yayasan.
Dari sanalah, lulusan Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya ini kerap mewawancarai tokoh lokal maupun nasional yang diundang mengisi kajian di Masjid Al Falah Surabaya.

Sebut saja wawancara eksklusif dengan penyanyi reliji Opick, Ustadz Budi Ashari, Lc (dai nasional), Dr. Syafii Antonio (Pimpinan Institut Tazkia), Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi. MA (rektor Universitas Darussalam Gontor), dan masih banyak lainnya.

Dalam perjalanannya, pria kelahiran Surabaya, 22 Oktober 1978 ini banyak terlibat dalam proses penerbitan dan penyuntingan buku, majalah dan penulisan website. Untuk majalah misalnya Majalah Al Falah (terbitan YDSF Jember sejak 2020 hingga kini) dan Majalah Insan Kamil (April-Oktober 2021).

Website yang pernah diawaki antara lain suaramuslim.net (2018-2020), hadiyanberkisah.com (2020), anikdentist.com (2020-kini), dan zakatydsf.or.id (2020-kini).

Untuk buku misalnya terlibat dalam proses penyuntingan Bukan Sekadar Ayah Biasa (2016, penulis: Misbahul Huda. Penerbit: Bina Qalam, Surabaya), Belajar Dari Kulkas (2016, penulis: Mim Syaiful Hadi. Penerbit: Penerbit: Bina Qalam, Surabaya), & Japri Allah, Renungan Spiritual Parenting (2019, penulis: Ani Christina & M. Ruman Nasruddin. Penerbit Rumanos, Sidoarjo).

Tak hanya buku personal, pria yang kini tinggal di Sidoarjo ini ikut terlibat dalam penulisan dan penyuntingan buku laporan lembaga dan organisasi. Antara lain 30 Tahun Al Hikmah (2019), Berhikmah 2019-2021 (buku prestasi Yayasan Pendidikan Islam Al Hikmah Surabaya), dan Jejak Kaki Relawan Pendidikan Yayasan Hang Tuah Pascaerupsi Semeru (2022).

Di sela-sela waktunya, ia aktif menulis dan mengisi website/blog komunitas: ngajijodoh.com dan masjidkusayang.wordpress.com.

Abdul Aziz Muslim

Senior writer

Mengawali karier sebagai Staf Ahli Anggota DPD RI/MPR-RI sejak 2004, Aziz banyak terlibat dalam kajian kebijakan publik yang membawanya berinteraksi dengan sejumlah lembaga besar di tanah air. Sebutlah LP3ES, Labsosio FISIP UI, Balitbang Kemdikbud, Wasbang Kemenko Polhukam dan Bappenas. 

Ia juga banyak terlibat dalam proyek-proyek penelitian sosial berkerja sama dengan NGO luar negeri seperti, USAID, Asia Foundation, UNDP dan KAS Jerman. 

Laporan-laporan mendalamnya dipublikasikan ole sejumlah terbitan luar negeri seperti Jurnal Reform Review, Asia Consult, Newsletter Indonesia Watching (IW) Jepang.

Aziz terlibat dalam penulisan buku-buku bertema sosial, sejarah kota dan biografi tokoh. 

Buku-buku yang terbit berkat sentuhan tangannya, antara lain: 

  • Politisasi Birokrasi: Netralitas dan Mobilitas PNS dalam Pilkada, Global Sosiatama, 2010.

  • Analisis Kebijakan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Dalam Perspektif Wawasan Kebangsaan dan Kesatuan Bangsa, Kementerian Polhukam, 2014.

  • Melangkah Kedepan, Membangun Aceh Bermartabat, Titian Pena, 2015

  • Tembakau; Hitam Putih. Kerjasama LTN PBNU dengan LabSosio UI. 2013

  • BAKTI TNI Bergerak: Gelorakan Berjuang Bersama Rakyat. Profil dan Biografi Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, S.E, M.M. Paban V Sterad, Mabesad, 2020.

 

Soenano

Senior writer

Concern meneliti dan menulis buku bertema Tionghoa menempatkan Soenano (atau karib dipanggil Kang Nano) sebagai salah satu penulis otoritatif tentang budaya Tionghoa di Indonesia. Dua bukunya yang telah terbit adalah: Partisipasi Muslim Tionghoa di Indonesia dan Muslim Tionghoa di Indonesia.

Selain menulis buku, artikelnya bertebaran di sejumlah media seperti Suara Muhammadiyah dan Republika.com.  Beberapa buku hasil kolabirasi Kang Nano dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang terbit adalah: Jakarta Hijau-Menghijaukan Jakarta dengan Bank Sampah, Global Qurban Dalam Negeri, Global Qurban Luar Negeri, Sumur Wakaf, Tepian Negeri-Kisah Anak-Anak Tepian Negeri Meraih Mimpi, dan Humanity Food Truck-Melayani Dengan Memberi Makan Gratis.