Memoar, Otobiografi atau Biografi? Apa bedanya?

otobiografi

Mungkin sebagian Anda ada yang bertanya, apa perbedaan antara memoar, otobiografi, dan biografi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut tulisan ringan yang bakal membuka khasanah Anda tentang spesifikasi ketiganya.

Sederhananya, biografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, bukan orang yang hidupnya diceritakan. Jadi, misalnya, biografi mungkin ditulis tentang selebriti yang sudah meninggal. Sebuah otobiografi, di sisi lain, ditulis oleh seseorang tentang kehidupan mereka sendiri. Autobiografi mencakup seluruh kehidupan seseorang, dari tahun-tahun awal hingga titik penulisan.

Apakah memoar sama dengan otobiografi?

Istilah memoar sering digunakan secara bergantian dengan otobiografi, tetapi ada perbedaannya. Sebuah memoar adalah kronik cerita yang ditulis dari sudut pandang penulis, mengingat periode tertentu dari hidup mereka, bukan rekening seluruh hidup mereka. Angela’s Ashes, memoar terkenal karya Frank McCourt, adalah contoh yang bagus – ini hanya berfokus pada masa kecilnya di New York dan Irlandia, daripada seluruh hidupnya.

Manfaat Menulis Memoir

Ada alasan mengapa begitu banyak orang terkenal memilih untuk menerbitkan otobiografi, biografi, atau memoar mereka. Ini menjamin bahwa kisah mereka diabadikan untuk orang-orang yang sebaliknya tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk belajar tentang kehidupan mereka. Dan ada alasan mengapa otobiografi hampir selalu dicetak dalam buku.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa setiap momen dalam hidup kita sedang direkam – kita memiliki timeline Facebook yang penuh dengan kenangan dan album foto di ponsel kita yang penuh dengan foto-foto liburan keluarga. Media sosial bisa menjadi rumah bagi percakapan dan interaksi selama bertahun-tahun, dan itu bisa menjadi catatan memori dari semua yang telah Anda lakukan.

Umur panjang, bagaimanapun, mungkin bukan sesuatu yang kita kaitkan dengan media sosial. Ambil MySpace, misalnya, pernah menjadi situs media sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 100 juta pengguna per bulan. Atau Bebo, yang menjadi situs media sosial paling banyak digunakan di Inggris pada pertengahan 2000-an. Situs-situs ini, seperti Facebook sekarang, adalah rumah bagi kenangan dan foto berharga yang tak terhitung jumlahnya. Sekarang, mereka telah memudar menjadi ketidakjelasan.

Ketika berpikir tentang melestarikan kehidupan untuk anak cucu, fokusnya harus pada umur panjang. Semua orang ingin tahu lebih banyak tentang kehidupan leluhur mereka, dan kehidupan leluhur leluhur mereka. Namun, informasi apa yang kita miliki seringkali tidak lengkap. Beberapa foto tanpa nama atau tanggal, mungkin, atau fakta yang setengah diingat bahwa kakekmu memiliki toko di suatu tempat yang menjual sesuatu . Ketika akun media sosial memudar, apa yang akan tersisa untuk generasi mendatang?

Di situlah otobiografi, atau memoar, masuk. Lagi pula, apa yang memiliki kekuatan lebih abadi daripada sebuah buku?

The Gutenberg Bible pertama kali dicetak pada tahun 1455, membuat salinan yang berada di Perpustakaan Umum New York berusia 565 tahun.  Namun, buku tertua yang diketahui di dunia adalah Etruscan Gold Book. Terbuat dari enam lembar emas 24 karat, diperkirakan berusia 2.675 tahun.

Abadikan Kisahmu untuk Generasi Mendatang

Kami tidak menyarankan Anda menulis memoar emas – meskipun kami akan terkesan jika Anda melakukannya. Tetapi buku memiliki umur panjang yang melampaui ponsel atau tablet modern kita. 

Sebuah buku dapat diturunkan secara fisik dari generasi ke generasi; itu bisa dicermati dan berwujud. Sebuah memoar memberi keluarga dan teman-teman Anda, dan banyak generasi yang akan datang, kesempatan untuk membaca tentang hidup Anda, untuk melihat betapa berbedanya masa kecil Anda, untuk menyadari bahwa Anda juga pernah menjadi remaja yang suka bersenang-senang. Di generasi mendatang, ketika Anda tidak lagi di sini, nenek moyang Anda akan memiliki catatan tentang dari mana keluarga mereka berasal dan siapa Anda dengan cara yang tidak dapat ditangkap oleh media lain.

Autobiografi atau Memoar

Ketika kami mengatakan bahwa kami memproduksi ‘otobiografi pribadi’, kenyataannya adalah bahwa Memoir Anda dapat berupa otobiografi atau memoar. Banyak dari penulis kami ingin menulis sejarah lengkap kehidupan mereka sementara yang lain memilih untuk fokus hanya pada masa kecil mereka, karir mereka, atau bahkan pada anggota keluarga lainnya.

Meskipun ada perbedaan, Anda bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan: otobiografi, memoar, kisah hidup, catatan. Keindahannya adalah bagaimanapun Anda menyebutnya, itu adalah kisah Anda, yang direkam untuk generasi yang akan datang. 

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Office

Jl. Dahlia 1 Orchid Residence Blok i3, Beji, Kota Depok

Jl. Wisma Lidah Kulon, A-105, Surabaya

Contact

  • 081-5510-22-11
  • biograph.id@gmail.com