Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jasa Penulisan Biografi dan Autobiografi Ekspert

Md Aminudin
Md Aminudin

Novelis, Penulis Biografi

Anda tengah mencari layanan jasa penulisan biografi atau autobiografi profesional dan terpercaya? Saat ini Anda berada di laman yang tepat. Biograph adalah layanan jasa penulisan kisah hidup yang berpengalaman selama delapan tahun lebih. Founder Biograph adalah Md Aminudin, seorang novelis spesialis roman sejarah yang telah menerima banyak penghargaan di dunia sastra. (Baca profil lengkapnya di: Md Aminudin)

Untuk lebih jelas apa dan siapa Md Aminudin dan Biograph sebagai Jasa Penulisan Biografi ekspert di industri perbukuan, silakan simak berikut:

Daftar Isi

Jenis Jasa Penulisan Biografi

Jenis jasa penulisan biografi yang kami kerjakan adalah Authorized BiographyMemoar dan Novel Biografi. Di dalamnya, Anda dapat mengisahkan secara kompleks-dengan melibatkan perasaan-tentang riwayat hidup dari titik nol hingga saat ini.

Authorized Biography adalah penulisan biografi berdasarakan cerita langsung Anda sebagai narasumber utama. Anda juga bisa menunjuk narasumber pendukung yang Anda anggap sebagai saksi mata atas perjuangan hidup Anda seperti, orangtua, saudara, teman sepermainan dan teman sekolah, rekan bisnis atau teman seprofesi. Dengan narasumber pendukung maka biografi Anda akan tersuguhkan sebagai jejak perjalanan yang utuh.

Sebagai catatan, dalam dunia penulisan biografi memang jamak dikenal penulisan biografi yang unautorized. Maksudnya, si penulis menulis biografi seorang tokoh tanpa wawancara langsung dengan tokoh bersangkutan. Sumber cerita biasanya diperoleh dari keluarga terdekat, kerabat, teman-teman seperjuangan atau referensi pustaka tentang tokoh tersebut. Umumnya yang ditulis adalah tokoh-tokoh yang sudah wafat seperti para pahlawan atau sosok terpandang dan melegenda. 

Novel Biografi atau Fictional Autirized Biography adalah biografi yang dinovelkan. Contohnya seperti novel-biografi Sepatu Dahlan (Dahlan Iskan) atau Laskar Pelangi (Andrea Hirata), atau novel-biografi yang sudah kami tulis, Hidup Kedua

Style novel-biografi ini bisa menjadi alternatif penulisan biografi yang tepat terutama jika sasaran pembacanya adalah kalangan remaja dan mahasiswa. Dengan penulisan biografi ala novel, buku yang dihasilkan akan terkesan sebagai bacaan yang welcome bagi usia remaja namun pesan utama yang disampaikan tetap mengena.

Autobiografi, atau sering juga ditulis otobiografi, adalah biografi yang bercerita tentang diri sendiri. Meskipun dalam praktinya di era sekarang, sang subjek melibatkan penulis lain untuk menulis autobiografi tersebut. Biasanya pada cover disebutkan “sebagaimana dikisahkan oleh”. Pada penulisan biografi umumnya penulis mengandalkan berbagai sudut pandang dan bemacam ragam dokumen atau literatur, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan sang subjek.

Contoh autobiografi yang terkenal di Indonesia adalah Bung Karno: penyambung lidah rakyat Indonesia. Sementara di luar negeri ada Mein Kampf (1925) karya politisi Jerman dan ketua Partai Nazi Adolf HitlerThe Autobiography of Bertrand Russell (1951) karya filsuf dan ahli matematika Bertrand Russell, dan Mémoires de la vie privée de Benjamin Franklin (1791) karya Bapak Bangsa Amerika Serikat Benjamin Franklin.

Biografi vs Autobiografi, Mana yang Lebih Baik?

Mungkin ada sebagian pembaca bertanya, lantas apa perbedaan antara biografi dan autobiografi. Perbedaan yang paling mencolok dari biografi dan autobiografi adalah sudut pandang penceritaan; biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga (dia bercerita) sedangkan autobiografi menggunakan sudut padang orang pertama (aku bercerita). 

Contoh gampangnya dalam penerapan kalimat seperti berikut:

Biografi: “Sejak kecil dia sudah terbiasa membantu ayahnya bekerja di ladang.”

Autobiografi: “Sejak kecil saya sudah terbiasa membantu ayah bekerja di ladang.

Mana yang lebih baik? Itu tergantung selera dan kebutuhan. Anda ingin cerita Anda tampak lebih objektif atau Anda menginginkan cerita yang intens?

Dalam model penulisan autobiografi, penceritaan bisa disuguhkan secara intens oleh Anda sebagai narator sehingga pembaca seolah-olah berhadapan langsung dengan Anda. Sementara dalam biografi, pencerita atau naratornya adalah orang lain. Mana yang lebih bagus? Keduanya sama-sama baik tergantung dari sudut pandang keperluan. Jika Anda ingin bercerita secara langsung kepada pembaca, maka autobiografi menjadi pilihan. Namun bila ingin agar cerita Anda tampak lebih objektif di mata pembaca, maka biografi jadi pilihan tepat.

Apa yang membuat kami berbeda dari yang lain?

Sebagai layanan jasa penulisan biografi yang telah mengalami interaksi dengan beragam latar belakang narasumber, kami paham bahwa Biografi yang baik tentu saja bukan sekadar penjabaran curriculum vittae yang kering dari sentuhan maknawi dan miskin khasanah bahasa. 

Karena itu, biografi yang baik adalah biografi yang mampu merekam perasaan, menangkap konflik batin, memotret detil kejadian lalu mengemasnya dalam kisah epik dengan tuturan bahasa sastrawi yang hidup seperti laiknya sebuah novel. Oleh karena itu  Biograph.id adalah para penulis handal dan telah berpengalaman dan sudah menerbitkan buku-bukunya sendiri, alias bukan penulis pemula.

Salah satu keunggulan khas kami dalam penulisan biografi adalah sense of literature (rasa sastrawi)–mengingat penulis-penulis kami adalah novelis dan cerpenis. Biografi tokoh yang kami tulis akan memakai pendekatan fictionized documentary, yaitu cerita berdasarkan fakta namun ditulis dengan literary style. Gaya penulisan seperti ini tentu saja akan membuat buku lebih enak dibaca, lebih menarik, dan welcome bagi pembaca umum, bahkan para remaja. 

Reputasi Penulis

Tentu saja untuk untuk dapat menulis biografi yang punya sense of literature, haruslah seorang penulis yang punya pengalaman menulis novel.

Mengapa?

Karena seorang penulis novel sudah terasah untuk melibatkan perasaannya dalam subjek yang ditulis, suatu momen yang mungkin sulit dialami penulis buku biasa. Penulis novel pada umumnya sangat teliti dalam menggali dan mengolah fragmen-fragmen yang dialami subjek/tokoh novelnya. Dan tentu saja seorang penulis novel terampil menggambarkan peristiwa batin atau fisik secara filmis sehingga pembaca seolah terlibat langsung dalam peristiwa yang ditulisnya. 

Nah, jika Anda mencari penulis dengan kriteria tersebut, Biograph.id memilikinya. Penulis utama Biograph.id adalah penulis novel yang karya-karyanya banyak diapresiasi kritikus sastra, juga memperoleh sejumlah penghargaan nasional. Selengkapnya baca: Penulis Biografi Kredibel

Seberapa Perlukah Kisah Hidup Anda diabadikan dalam Biografi?

Kami percaya setiap kehidupan adalah sumber cerita. Setiap manusia pasti memiliki kisah hidup penuh warna yang mengandung hikmah bagi orang lain. Terlebih bagi seorang sosok teladan atau publik figur yang selama ini menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi lingkungan dan masyarakat luas.

Namun seringkali tak banyak orang yang tahu bagaimana kehidupan masa kecil dan remaja Anda, latar belakang keluarga, masa sekolah, perjuangan penuh keringat dan air mata melewati masa-masa sulit, meniti karier, dan peristiwa-peristiwa dalam hidup yang telah menempa Anda hingga menjadi sosok pembawa perubahan seperti saat ini. Kisah semacam ini memang harus ditulis dan disebarluaskan agar aliran hikmahnya tak berhenti pada diri Anda seorang.

Mungkin Anda berpikir: “Ah, buat apa punya buku biografi, narsis banget.” Tapi bayangkan, ada banyak orang yang mengalami keterpurukan, dan tidak tahu mesti berbuat apa dan bagaimana. Lewat buku biografi, Anda bisa mengatakan kepada mereka: “Dulu saya mengalami nasib yang hampir sama denganmu, tapi saya memilih terus berjuang menaklukkan tembok tebal kesulitan dan menjadi pemenang kehidupan.”

Kisah kesulitan, kejatuhan dan kebangkitan tentu mengandung pelajaran yang bisa dipetik semua orang, sehingga semangat dan jejak kebaikan yang ditinggalkan akan terus jadi sumber inspirasi bagi siapa saja, di segala tempat dan di sepanjang zaman.

Selain itu, lewat biografi, kisah hidup Anda akan terus dikenang keluarga, anak cucu hingga generasi sesudahnya. Sehingga kisah hikmah yang Anda tinggalkan terus membentang di sepanjang zaman, bahkan ketika Anda sudah tiada.

Untuk itulah Biograph.id, sebagai layanan jasa penulisan kisah hidup yang kredibel dan otoritatif hadir membersamai Anda.

Apa yang akan kami lakukan untuk membukukan biografi Anda?

Eksplorasi Ide & Cerita

Kami mengumpulkan informasi dan  membedah berbagai sudut pandang menarik dari kisah Anda secara detail. Ini kami lakukan pada pertemuan awal. Tujuannya adalah merekam garis besar dari cerita Anda.

Menyusun Alur & Plot

Langkah berikutnya adalah menuangkan garis besar cerita ke dalam plot, hingga menjadi satu kesatuan alur yang terstruktur bab demi bab. 

Wawancara Pendalaman & Menulis

Kami melakukan wawancara untuk menggali cerita secara lebih dalam dan detil. Wawancara dilakukan dengan klien atau narasumber yang ditunjuk klien.

Review Kritis, Memastikan Kesempurnaan

Tim kami bekerja secara pararel; melaporkan setiap bab yang selesai ditulis untuk Anda review sembari terus menulis bab berikutnya. Saat proses pengeditan dimulai, seluruh draf diperiksa ulang, diedit dan direvisi beberapa kali untuk memastikan tak ada kesalahan yang terlewat.

Desain yang Intuitif

Segera setelah manuskrip selesai dan disetujui oleh klien, layouter kami menuangkannya ke dalam desain yang impresif; mendesain sampul, mengatur grafis, memberikan sentuhan seni yang menawan yang sesuai selera klien.

Berapa tarif atau Biaya Jasa Penulisan Biografi yang Kami Tawarkan?

Kami menawarkan tarif yang masuk akal sesuai beban pekerjaan yang dipercayakan kepada kami. Harga bukanlah satu-satunya pertimbangan saat kami memutuskan menerima kepercayaan dari klien. Ini selaras dengan Visi dan Misi Biograph; menulis biografi maupun buku non-fiksi bukan sekadar soal bisnis, ia adalah jalan kami berkontribusi menyebarkan jejak-jejak kebaikan agar semakin banyak orang tertular untuk bangkit dan bergerak.

Oleh sebab itu, tentang biaya jasa penulisan biografi, autobiografi atau novel biografi kami lebih senang mendisukusikannya langsung dengan klien untuk mencari titik temu.

Langka

Fakta yang mungkin perlu diketahui adalah, bahwa penulis biografi di Indonesia adalah profesi yang langka, apa lagi penulis biografi yang ekspert alias ahli. Anda dengan mudah bisa mencari arsitek, dokter, progamer, manajer dll. Namun tidak dengan penulis biografi. Ada banyak penulis buku, artikel, content writer tetapi tidak semuanya otomatis memiliki kemampuan menulis biografi yang baik. Karena saat terjun ke jasa penulisan biografi, seorang penulis harus sudah memiliki pengalaman panjang dan disiplin khusus dalam penulisan kisah hidup.

Menulis biografi adalah gabungan antara kemampuan menggali cerita narasumber, merekam perasaannya, memotret konflik batinnya lalu menjahitnya menjadi cerita yang hidup, berkesan, mengandung pelajaran, falsafah dan menginspirasi pembacanya. 

Karena itu penulis biografi yang berpengalaman umumnya telah khatam dengan beragam tema bacaan: filsafat, sastra, spiritual, sejarah, motivasi, teknologi bahkan kesehatan. Di luar negeri, bahkan, para penulis biografi terbaik punya backgroud sebagai penulis novel atau cerpen. Dengan demikian mereka sudah terlatih membangun cerita, merangkai alur dan mengemas konflik hingga menjadi jalinan kisah yang utuh.

Apa Manfaat Memiliki Buku Biografi?

Biaya jasa penulisan biografi yang kami tawarkan tentu tidak seberapa artinya dibanding benefit yang Anda peroleh. Antara lain; menguatkan personal branding, positioning, popularitas dan beramal kepada orang lain lewat cerita yang menginspirasi. Jika yang ditulis adalah biografi institusi (sosial, bisnis atau pemerintahan), maka ia akan menguatkan positioning dan korporat branding di hadapan klien atau mitra.

  • Pembaca mengetahui lebih detil kiprah, perjuangan, prestasi dan kontribusi narasumber.
  • Pembaca memetik inspirasi dari perjuangan, spirit, falsafah kehidupan yang menjadi landasan dalam berbuat (berkarya) untuk lingkungan dan bangsanya.
  • Pembaca mengetahui gagasan, visi, cita-cita untuk masa mendatang.
  • Menguatkan personal & profesional branding.
  • Meningkatkan kepercayaan partner & klien
  • Sebagai warisan nilai-nilai hidup kepada generasi sesudahnya.
  • Memperluas networking

Selain untuk perorangan, kami juga berpengalaman mengerjakan penulisan biografi/penulisan riwayat perusahaan dan lembaga sosial, city branding pemerintah daerah, sejarah kota atau daerah tertentu. Dengan memakai gaya penulisan feature yang mengalir dan layout yang menawan, pastinya buku biografi perusahaan akan lebih menarik ketimbang biografi perusahaan pada umumnya yang cenderung membosankan.

Untuk informasi lebih komplet, silakan klik WhatApp kami

atau silakan melihat PORTOFOLIO kami untuk melacak secara lebih jelas contoh-contoh isi buku yang sudah kami tulis. 

Artikel populer