Jasa Ghost Writer Kredibel di Indonesia

Jasa ghost writer? Mungkin ini istilah yang asing bagi sebagian orang. Di Indonesia, ghost writer sering juga disebut sebagai penulis hantu atau penulis bayangan. Tapi bila Anda pernah menonton film Ghost Writer yang dibintangi mantan aktor James Bon 007, Pierce Brosnan, Anda akan sedikit mendapat gambaran apa dan siapa itu si penulis hantu.

Singkatnya, ghost writer adalah penulis yang bekerja untuk dan atas nama orang lain. Biasanya nama ghost writer tidak muncul dalam buku yang dipesan klien (ini tergantung pada kesepakatan keduanya). Jikapun nama ghost writer akan ditampilkan dalam buku, biasanya ditulis sebagai editor atau penyunting. Karena itulah ia disebut penulis hantu, yaitu penulis yang berada di belakang layar. Saya pun mengalami keduanya, kadang nama saya nongol di buku yang dipesan klien, kadang cukup puas tampil di halaman prelims sebagai editor atau penyunting.

Baca juga: Johan Budi dkk luncurkan buku

Tugas Ghost Writer Tidak Sekadar Menulis

Untuk diketahui, pekerjaan penyedia jasa ghost writer tidak sekadar menulis. Dalam banyak hal, ia harus terjun dalam riset lapangan dan literatur. Sekadar contoh, untuk menulis biografi atau otobiografi saya harus berkunjung langsung ke tanah kelahiran sang klien, menemui teman-teman masa kecilnya, saudara atau famili-familinya yang masih hidup. Jika memungkinkan, mengunjungi rumah tempatnya dilahirkan dan bertumbuh. Setidaknya saya akan mewawancara belasan orang narasumber yang ditunjuk klien. Malah pernah mewawancara 31 narasumber untuk 1 buku biografi sekolah.

Riset literatur diperlukan lebih-lebih jika buku yang dipesan klien adalah buku non-fiksi yang berkait keahliannya, misal manajemen, pengembangan diri, pendidikan, gagasan dan implementasinya di perusahaan. Untuk buku non-fiksi setidaknya saya harus membaca sekurang-kurangnya 15-an buku dengan tema dan bahasan seperti yang diinginkan klien. Karena itulah seorang ghostwriter harus memiliki etos pembelajar yang kuat dan cepat sehingga ia menguasai materi buku yang diinginkan klien.

Sebelum memulai menulis, terlebih dahulu seorang ghost writer menggali ide, gagasan atau cerita dari klien dan menangkap pesan utamanya. Setidaknya harus bisa ditangkap; apa targetnya menulis buku. Ini langkah petama dan utama yang segera harus terekam pada pertemuan pertama dengan klien. Dari sana ghostwriter akan memahami tema besar apa yang hendak ditulisnya. Setelah itu ia menuangkannya dalam draft yang berisi rencana bab dan apa yang akan ditulis dalam bab tersebut kemudian mendiskusikannya dengan klien. Pada tahap ini respons dan masukan dari klien sangat penting sebagai peta untuk memulai pekerjaan menulis.

Oleh karena itu seorang Ghostwriter juga dituntut memiliki skil komunikasi yang baik, sebab ia harus bisa menangkap tidak saja ide dan jalan hidup klien tetapi juga gejolak perasaannya, lebih-lebih jika yang ditulis adalah biografi atau otobiografi. Dengan begitu Anda mampu menyajikan tulisan yang autentik seolah ia sendirilah yang mengalami cerita seperti yang dituturkan klien.

Baca juga: Ghostwiter The Untold Stories: Gudang Rahasia Kehidupan Pribadi

Akan halnya jika yang ditulis adalah buku non-fiksi, maka seorang ghostwriter harus cergas menangkap ide besar yang diinginkan klien. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, dari sebagian besar klien yang saya tangani, saat diskusi awal ide-ide mereka masih mentah, kadang tidak konkret. Di sinilah dibutuhkan keahlian sang ghostwriter untuk membantu memperjelas ide tersebut, memilah mana ranting dan cabang ide yang relevan dan mana yang tidak.

Memang, faktanya pekerjaan seorang ghost writer tidak sesederhana seperti kelihatannya; sekadar wawancara kemudian menuliskannya. Pekerjaan dan tanggung jawab ghostwriter jelas lebih rumit dibanding seorang wartawan berita atau konten internet. Ia harus berurusan dengan “isi kepala” sang klien. Belum lagi jika menyangkut kesediaan waktu klien. Karena rata-rata mereka adalah manusia super sibuk, maka seorang ghostwriter dituntut untuk mencari celah kesempatan dan mengumpulkan informasi dari klien secara cepat dan to the point (padat) lalu menjabarkannya ke dalam puluhan bahkan ratusan lembar halaman.

Keterampilan apa yang dibutuhkan seorang ghost writer?

Seorang ghost writer haruslah seorang yang berpengetahuan luas dan kutu buku yang kuat. Anda harus sudah kenyang melahap buku bertema apa saja; manajemen, motivasi, psikologi, sastra, parenting bahkan ilmu pasti.

Mengapa?

Karena dengan pengetahuan yang luas, buku yang Anda tulis memiliki khasanah materi yang luas. Bayangkan jika anda diminta menulis biografi/otobiografi seorang ilmuan fisika. Apa jadinya jika anda tidak mengikuti sejarah perkembangan ilmu fisika, maka buku Anda hanya terkesan sebagai penjabaran sebuah curuculum vitae yang miskin rasa dan Anda akan gagal menampilkan sosok klien sebagai pakar fisika.

Selain wawasan yang luas, tentu saja seorang ghost writer harus memiliki kemampuan menulis yang bagus. Tanpa itu, jangan berharap mendapatkan kepercayaan klien.

Tips meramu buku yang bermutu, silakan baca di sini: Menulis buku untuk personal & profesional branding

Seorang ghostwriter juga harus memiliki bakat luar biasa dalam menangkap suara klien. “Seorang penulis bayangan harus terhubung secara intens dengan cerita atau gagasan klien, sehingga mereka terjalin dalam kerja sama yang baik, ” kata Walter Isaacson penulis biografi Steve Jobs dan Albert Einstein. “Empati memungkinkan seorang ghostwriter memasuki kehidupan kliennya, melihat apa yang mereka lihat dan rasakan seperti yang mereka rasakan.”

Pengguna Jasa Ghost Writer

Klien dari ghost writer umumnya adalah orang-orang yang sibukβ€” politisi, direktur/CEO, pengusaha, birokrat atau siapapunβ€” yang ingin menuliskan ide, pengalaman atau kisah hidupnya dalam buku, tetapi tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk menulis.

Syukurlah, selama jalani profesi sebagai “hantu”, saya berkesempatan mewawancara dan menulis buku klien dari beragam profesi: dokter, pimpinan BUMN, motivator, pengusaha, biroktrat, guru, aktivis sosial, politisi hingga mantan Jubir KPK dan Jubir Presiden.

Wawasan apa lagi yang dibutuhkan agar karier seorang ghost writer terus berkembang?

Anda harus memiliki pemahaman yang luas tentang industri penerbitan. Termasuk pasar, genre dan gaya penulisan. Soal gaya penulisan, kadang-kadang satu klien berbeda dengan klien yang lain. Karena itu biasanya saya akan menunjukkan beberapa portofolio karya saya yang mungkin sesuai dengan selera klien. Klien akan memilih gaya bahasa mana yang dia sukai.

Lihat PORTOFOLIO kami.

Penulis Utama Biograph.id

Sebelum memutuskan memilih jasa ghost writer, hal pertama yang perlu jadi pertimbangan adalah track record penulisnya. Ini penting agar Anda tidak kecewa saat buku yang Anda pesan sudah jadi. Kami pernah menerima klien yang kecewa dengan kualitas tulisan penulis biografi sebelumnya. Dan Alhamdulillah, di tangan kami hasilnya sesuai ekspektasinya. 

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa kami, mari berkenalan dengan founder sekaligus penulis utama kami.

Md Aminudin


Dunia sastra Indonesia tentu tak asing dengan nama Md. Aminudin. Sebelum terjun di penulisan biografi, ia telah menerbitkan sejumlah novel berlatar sejarah. Ia mulai dikenal ketika menerbitkan novel dwilogi; Tembang Ilalang I & II, sebuah roman sejarah Indonesia. Pertama kali terbit, novel tersebut segera merebut hati pembacanya sekaligus para kritikus sastra. Sejumlah makalah, skripsi, tesis telah mengangkat novel ini sebagai bahan penelitian, mengingat novel tersebut ditulis dengan riset sejarah selama 3 tahun. 

Prekuel Memoirs of Stientje yang terbit pada 2012 juga memperoleh apresiasi luas dari pembaca. Novel-novelnya mendapat penghargaan di dunia sastra; Novel Terbaik JIBF 2008, Novel Dewasa Terbaik 2008, nominator Pena Award 2009, 2 kali masuk nominasi Fiksi Dewasa Terbaik JIBF Nasional.

Novel petualangannya tentang sejarah Indian Muslim Amerika, Jejak Halefa, yang menampilkan sosok remaja sebagai tokoh utamanya sangat digemari para remaja SMP dan SMA.

Sejak 2013, Md Aminudin mulai melebarkan sayap kepengarangannya. Ia dipercaya oleh Penerbit Jawa Post Grup untuk menulis novel biografi seorang penderita penyakit kronis autoimun yang berjudul Hidup Kedua.

Sejak saat itulah MD. Aminudin mulai banyak terlibat dalam penulisan buku biografi maupun buku populer para publik figur dari beragam profesi dan latar belakang; dokter, pengusaha, guru, dosen, ustadz, profesional, pejabat publik dan politisi. Selain itu, ia juga banyak terlibat sebagai editor tamu dan penulis artikel di berbagai majalah.

Selain Md Aminudin, Biographic juga didukung oleh dua penulis utama lainnya yang juga punya reputasi sebagai ghost writer bagi para profesional di bidangnya. Yaitu; Aziz Muslim dan Soenano, dua penulis yang juga berpengalaman di industri perbukuan tanah air. Selengkapnya lihat: Tim Kami.

Mengapa Penting Melihat Reputasi Penulis?

Karena Anda tidak bisa begitu saja menyerahkan kisah hidup Anda kepada sembarang penyedia layanan jasa Ghost Writer yang belum teruji kualitas dan kredibilitasnya.

Bisa dibayangkan, apa jadinya jika buku yang dihasilkan tidak sesuai dengan ekspektasi? Akan sangat berisiko menyerahkan rangkaian momen yang penting dan bersejarah kepada penulis biografi yang kurang memahami seni penulisan biografi yang baik. 

Baca Juga:

Seperti Apa Jasa Ghost Writer Terpercaya di Indonesia?

Layanan Biograph.id

Selain untuk perorangan, kami juga berpengalaman mengerjakan biografi/penulisan riwayat perusahaan dan lembaga sosial, city branding pemerintah daerah, sejarah kota atau daerah tertentu. Dengan memakai gaya penulisan feature yang mengalir dan layout yang menawan, pastinya buku biografi perusahaan akan lebih menarik ketimbang biografi perusahaan pada umumnya yang cenderung membosankan. 

Selain itu kami juga berpengalaman membukukan ide-ide klien kami dalam buku non-fiksi seperti buku agama, panduan, self-help, motivasi & pengembangan diri, bisnis dan pendidikan.

Selengkapnya silakan baca: Penulisan Buku Populer untuk Personal dan Profesional Branding

Berapa Professional Fee atau Biaya Jasa Penulisan Biografi yang Kami Tawarkan?

Besar kecilnya jasa penulisan biografi yang kami tawarkan tergantung sejumlah hal:

Pertama, berapa jumlah halaman yang klien inginkan.

Kedua, seberapa besar tingkat kesulitan dan kompleksitas materi, literatur yang harus dipajari.

Ketiga, berapa perkiraan nara sumber pendukung yang harus kami wawancara.

Keempat, berapa lama waktu pengerjaannya?

Sejumlah penyedia jasa penulisan biografi mungkin menawarkan harga yang relatif murah dalam ukuran klien. Tapi apakah mereka bisa menjamin hasilnya sesuai ekspektasi? Buku biografi adalah identitas original seseorang, serupa album kehidupan yang akan dibaca rekan, sabahat, keluarga dan generasi mendaang. Karenanya harus ditulis oleh juru kisah yang menguasai seni penulisan cerita.

Karena itu sangat masuk akal bila segelintir penulis biografi memasang tarif fantastis hingga ratusan juta, sebutlah nama Alberthiene Endah. Selain alasan bahwa menulis biografi bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan sembarang penulis, hak cipta karya sepenuhnya berada di tangan klien. Artinya, jika buku tersebut dikomersilkan dan mendapatkan keuntungan karenanya, maka seluruhnya menjadi hak klien. Penulis biografi tidak punya hak apapun atasnya.

Kami menjamin bahwa biaya jasa pembuatan biografi yang adalah rasional dan fleksibel sesuai kebutuhan Anda. Kami selalu terbuka untuk bernegosiasi. Karena bagi kami, kisah inspiratif klien jauh lebih penting buat disebarkan agar lebih banyak pembaca yang tergerak hatinya untuk melakukan perubahan.

Layanan yang kami berikan sudah termasuk:

  • Wawancara
  • Riset lapangan & pustaka
  • Penulisan
  • Editing naskah
  • Layout cover dan isi hingga buku siap cetak
  • Copyright atau hak cipta selamanya milik klien

Dengan sederet portofolio yang kami miliki, bekerjasama dengan kami adalah sebuah pilihan tepat. Kami akan menjadikan buku Anda sebagai monumen berharga yang laik dibaca oleh khalayak dan disimpan sebagai kenangan yang bernilai.

Sebab, seberapa pun briliannya sebuah ide atau seberapapun dramatiknya kisah hidup seseorang, semuanya akan lenyap disapu waktu. Sebab itulah ia perlu dicatat, dibukukan, diabadikan.

Untuk informasi lebih komplet, silakan klik WhatApp kami

atau silakan melihat PORTOFOLIO kami untuk melacak secara lebih jelas contoh-contoh isi buku yang sudah kami tulis.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Office

Jl. Dahlia 1 Orchid Residence Blok i3, Beji, Kota Depok

Jl. Wisma Lidah Kulon, A-105, Surabaya

Contact

  • 081-5510-22-11
  • biograph.id@gmail.com